Zenius Education Cocok untuk Semua Gaya Belajar

Guru yang baik adalah guru yang mampu mengarahkan murid-muridnya mengenali gaya belajarnya. Namun, guru seperti ini baru saya dapatkan saat duduk di bangku sekolah. Sejak saat itu, saya mulai mengenali gaya belajar saya mulai dari kekurangan dan kelebihannya. Kini, giliran saya yang punya tanggungjawab sebagai guru dan orang tua sekaligus untuk anak-anak. Berbekal aplikasi Zenius Education dan ilmu parenting yang didapatkan, saya mendampingi belajar anak-anak di rumah.

Cara belajar dan fasilitas belajar yang saya alami dulu tentu berbeda dengan anak-anak jaman sekarang yang lebih dominan menggunakan gadget saat ingin mendapatkan informasi. Di era sekarang pun mendapatkan fasilitas belajar tidak sesulit dulu apalagi hadirnya Zenius Education yang bisa digunakan oleh pelajar meskipun gaya belajarnya berbeda-beda.

Pentingnya Mengenal Gaya Belajar Anak

Ganti cara belajar anak dengan Zenius Education

Terkadang, orang tua tidak begitu peduli akan gaya belajar anaknya, sehingga anak kesulitan menemukan cara yang cocok saat belajar. Maka tak heran jika ada anak di sekolah yang merasa sulit memahami pelajaran yang diberikan gurunya, belum lagi jika di sekolah ternyata gurunya menerapkan metode belajar yang sama kepada semua murid di kelas.

Itulah mengapa penting mengenal gaya belajar anak, agar setelah mereka mengenali tipe belajarnya, maka anak-anak akan mengerti setiap pelajaran dengan mudah tanpa banyak drama.

Dilansir dari popmama.com, ada 5 gaya belajar anak, yaitu gaya belajar visual, gaya belajar auditori, gaya belajar kinestetik, gaya belajar global dan gaya belajar analitik.

Gaya belajar visual memiliki kemampuan belajar dengan cara melihat. Gaya belajar ini akan lebih banyak menggunakan indera penglihatan dengan tajam dan teliti, sehingga perlu diberikan beberapa contoh secara nyata tentang berbagai materi. Metode pembelajaran yang tepat untuk gaya belajar ini yaitu dengan metode mindmap, video ilustrasi, alat tulis berwarna, infografis dan yang lainnya.

Gaya belajar auditori memiliki indera pendengaran yang lebih baik dan lebih terfokus. Orang dengan gaya belajar ini mampu memahami sesuatu lebih baik dengan cara mendengarkan. Hal ini berkaitan dengan proses menghafal, membaca, atau soal cerita. Metode yang tepat untuk gaya belajar ini adalah mendengarkan. Orang tua perlu memberikan fasilitas atau media ke anak yang menyediakan pelajaran dalam bentuk audio. Seperti mendengarkan dongeng atau menceritakan ulang.

Gaya belajar kinestetik adalah anak-anak yang lebih bergerak aktif dan suka mempraktikkan pelajaran yang didapatkan secara langsung. Untuk itu, gaya belajar yang satu ini membutuhkan alat atau media dimana anak-anak bisa bereksperimen secara langsung. Mereka tidak cukup dengan hanya melihat atau mendengarkan pelajaran saja.

Gaya belajar global adalah anak-anak yang memiliki kemampuan dalam memahami sesuatu secara menyeluruh dengan baik. Biasanya pemahaman yang dimiliki berisi sebuah gambaran yang besar, sehingga dapat menghubungkan tersirat dari satu objek dengan objek lainnya.

Gaya belajar analitik memiliki sebuah kemampuan dalam memandang sesuatu cenderung ditelaah terlebih dahulu secara teliti dan terinci. Anak-anak yang terbiasa dengan gaya belajar analitik bisa menilai sesuatu masalah berdasarkan fakta dan data. Jika sewaktu-waktu, anak mama merasa kesulitan belajar sebaiknya dibantu dengan membuat jadwal yang lebih terstruktur.

Setelah mengetahui gaya belajar anak, saatnya orang tua menerapkan tips belajar untuk tipe belajar anaknya masing-masing, misalnya untuk anak tipe belajar auditori. Tips belajar yang bisa orang tua terapkan adalah menyediakan media belajar yang sesuai dengan kebutuhan tipe anak auditori.

Ganti Cara Belajar Anak dengan Zenius Education

Setelah mengenali tipe belajar anak, sebagai orang tua kita perlu mendukung cara belajar anak yang bisa mengembangkan potensinya. Banyak yang mengira bahwa mengikuti bimbel atau bimbingan belajar hanya untuk anak yang ambisius, padahal mengikuti bimbel adalah salah satu media terbaik agar anak berkembang. Zenius memiliki sistem pembelajaran adaptif, serta ekosistem pembelajaran online-offline yang membantu pelajar fokus kepada hal-hal penting dan esensial secara efektif dan efisien.

Zenius Education cocok untuk semua anak dengan tipe belajar apapun, karena aplikasi ini memang memiliki banyak fitur menarik yang cocok untuk siapapun, bahkan saya pribadi sebagai orang tua juga menggunakan aplikasi ini. Selain itu, harga berlangganan aplikasi Zenius terbilang murah, yaitu tersedia paket belajar Zenius dengan Rp199,000 per tahun. Seluruh paket yang ditawarkan juga dilengkapi dengan fitur Zenius Live Class, di mana siswa bisa mendapatkan materi secara langsung oleh tutor-tutor berpengalaman.

Saat ini, anak-anak sudah mulai kembali belajar di sekolah, mungkin sebelumnya anak-anak sudah terbiasa belajar online, tapi tenang kita sebagai orang tua tetap bisa memberikan media belajar terbaik untuk anak. Salah satunya menggunakan Zenius Education, agar anak siap kembali ke sekolah.

Mengenal Zenius Education, Platform Belajar Terbaik untuk Segala Tipe Belajar Anak

Zenius Live Class dan ZenCore Fitur-fitur Menarik Zenius Education

Meski jaman sudah berganti dan perkembangan teknologi kian pesat, namun stigma orang tua memandang cara belajar kebanyakan masih menyamakan dengan jamannya anak-anak. Sehingga anak-anak hanya mempelajari ulang apa yang didapat di sekolah, maka tak jarang jika potensi anak kurang berkembang.

Saya pribadi memandang bahwa perlu ada media tambahan belajar untuk anak selain di sekolah. Ganti cara belajar anak adalah salah satunya dengan menggunakan Zenius Education.

Zenius Education adalah platform pendidikan dengan misi ingin memberikan pengalaman belajar yang berbeda. Zenius menawarkan pembelajaran yang bersifat adaptif sehingga semua bisa belajar dengan mudah. Zenius bukan aplikasi yang mana kita hanya akan menjawab kuis atau soal latihan, namun kita akan mempelajari sesuatu sampai ke akarnya tanpa perlu merasa bosan. Uniknya, Zenius hadir lengkap dengan ekosistem belajar online dan offline yang menyenangkan dan membantu anak untuk fokus kepada hal-hal penting dan esensial secara efektif dan efisien.

Ada Online Class dari Zenius, Belajar Bisa Dimana Saja dan Kapan Saja

Belajar online saat ini bukanlah hal yang baru, karena sejak pandemi sudah banyak yang mulai menerapkannya. Meski sudah kembali belajar offline di sekolah, tetap saja kita mengakses informasi untuk belajar secara online. Aplikasi Zenius sebagai platform belajar terbaik menyediakan beberapa fitur menarik seperti berikut;

1. ZenBot

Fitur ZenBot solusi untuk soal latihan yang sulit dipahami

ZenBot merupakan fitur berbasis AI yang mana bisa membantu anak dalam menyelesaikan permasalahan menantang pada pelajaran Matematika, Fisikia, juga Kimia dengan bantuan video pembelajaran dengan cara mengunggah foto pertanyaan ke aplikasi.

2. Live Class

Ganti cara belajar anak dengan Zenius Education

Fitur Live Class ini memberikan pilihan kepada anak untuk bebas menentukan kelasnya sesuai dengan minat. Menariknya, Zenius Live Class ini membebaskan anak untuk bertanya kepada tutornya terkait mata pelajaran di sekolah yang belum dimengerti.

3. Content Library

Fitur Content Library berisi lebih dari 100 ribu konten ilmu Matematika, Sains atau Sosial.

4. ZenCore

Dan yang terakhir adalah fitur ZenCore, fitur canggih yang mengajarkan kita agar bisa menguasai fundamental skill yang mana menyajikan pilar penting dari semua ilmu pengetahuan. Wah unik banget kan?

Offline Class melalui New Primagama Powered by Zenius Education

Bagi yang tetap menginginkan suasana belajar offline juga bisa banget lho! Karena melalui New Primagama Powered by Zenius maka pelajar dapat belajar secara Hybrid Learning dengan menggunakan model pendekatan 2 guru atau two teachers yang mana pelajar bisa mempelajari berbagai konsep dengan tutor secara virtual dan berdiskusi langsung di kelas.

Fitur ZenCore Asah Kecerdasan Otak

Fitur ZenCore ini memiliki banyak manfaat, salah satunya mengasah kemampuan otak bisa untuk upskill atau reskill. Tidak hanya digunakan untuk pelajar tapi umum juga bisa. Saya pribadi aktif menggunakan fitur ZenCore loh. Selain mengasah skill, fitur ini seru banget.

Ada beberapa kategori pelajaran yang tersedia di ZenCore yaitu Matematika, Verbal Logic, dan Bahasa Inggris. Selain itu kita juga bisa adu otak di fitur ZenCore melalui CorePractice dengan menjawab soal-soal yang tersaji. Setiap kategori terdiri dari 100 level, yang mana tiap level akan mendapatkan 8 soal dengan durasi waktu pengerjaan 120 menit.

Menariknya nih saat menjawab soal dan salah, kita bisa mempelajari letak kesalahan kita dalam menjawab soal di akhir level. Penjelasannya singkat tapi mudah dipahami. Berikut ini penjelasan mengenai kategori pelajaran yang tersedia di ZenCore.

Matematika

Kategori pertama yang tersaji di CorePractice pada ZenCore adalah Matematika yang mana berisi soal-soal dasar, variabel, soal cerita yang membutuhkan penalaran, dan pastinya ada hitung cepatnya juga.

Verbal Logic

Kategori selanjutnya yaitu Verbal Logic yang menampilkan pertanyaan-pertanyaan sederhana dan tentunya butuh logika dalam menjawabnya. Semakin tinggi tahapannya maka makin ribet juga pertanyaannya. Seperti menebak gambar, pernyataan benar salah, hubungan sebab akibat, hingga soal penalaran yang tidak jarang buat kening berkerut.

Bahasa Inggris

Selain Matematika dan Verbal Logic kemampuan yang harus kita punya adalah Bahasa Inggris sebagai salah satu bahasa Internasional. Soal-soal yang tersaji pada pelajaran Bahasa Inggris yaitu seputar Grammar dan Vocabulary.

Pengalaman Menggunakan Zenius Education

Sebelum mengenalkan aplikasi Zenius kepada anak, saya mencobanya terlebih dahulu, apakah cocok dengan gaya belajar anak di rumah. Cara saya menerapkan tips belajar anak salah satunya dengan mencarikan platform belajar yang cocok. Beruntung rasanya saya mendapatkan rekomendasi untuk menggunakan Zenius.

Fitur pertama yang saya coba ada ZenCore. Wouw, saya sangat terkesan karena saat menjawab berbagai latihan dari setiap kategori di CorePractice, saya merasa tertantang dan ingin menyelesaikan tiap levelnya.

Setelah mencobanya dan mengenalkan Zenius Education kepada anak-anak, luar biasa respon mereka yang ternyata antusias belajar menggunakan Zenius.

Nah, buat parents dimanapun saat ini, aplikasi Zenius sangat direkomendasikan bagi parents yang ingin mengganti cara belajar anak lebih menyenangkan. Parents bisa mengunduh aplikasi Zenius untuk Android dan aplikasi Zenius untuk iOs.

Baca Juga:

Mama Juga Butuh Main Games, Kenapa?

Tips Atasi Anak Malas Makan dengan Yummy App

Pentingnya Donasi Di Situs Donasi UNICEF