Tips atasi anak malas makan

Perasaan seorang ibu bisa saja terluka saat bayi mulai malas makan. Perilaku bayi malas makan biasa disebut GTM atau gerakan tutup mulut. Setelah menjadi ibu, barulah saya paham rasanya ketika anak tiba-tiba tidak mau makan. Lantas saat anak berada pada fase GTM apa solusinya? Berdasarkan pengalaman pribadi, saya ingin share tips atasi anak GTM kepada parents yang saat ini anaknya kurang nafsu makan.

Penyebab Nafsu Makan Anak Menurun Drastis

Menurut dr. Meta Hanindita, Sp. A., istilah GTM atau gerakan tutup mulut sebenarnya tidak ada dalam medis. Istilah GTM hanyalah sebutan yang orang tua berikan kepada anak yang tidak mau makan.

Penyebab anak melakukan Gerakan Tutup Mulut

Saat bayi memasuki usia 6 bulan, maka kebutuhan nutrisinya tidak hanya bersumber dari ASI saja melainkan parents perlu memberikan makanan pendamping ASI atau biasa disebut MPASI.

Periode MPASI ini berlangsung sampai anak berusia 24 bulan. Saya masih ingat saat Zahra, anak saya berusia 6 bulan. Kala itu, saya langsung membeli buku resep MPASI. Rupanya, hal tersebut tidaklah cukup. Anak saya memang lahap makan pada bulan pertama, namun beberapa bulan berikutnya ia mulai malas makan.

Saya panik? Tentu saja karena khawatir nutrisi anak tidak terpenuhi. Jika parents mengalami hal yang sama, segera cari tahu penyebab anak GTM seperti berikut;

Pemberian tekstur makanan tidak sesuai usia

Hal yang perlu parents ketahui adalah mengenal tekstur makanan yang cocok untuk anak sesuai usianya. Misalnya usia 6-8 bulan bayi baru mengenal tekstur baru, sebaiknya berikan makanan berupa puree atau bubur saring.

Usia 9-11 bulan bayi sudah bisa dikenalkan tekstur yang lebih kasar. Sedangkan usia 12-23 bulan bayi sudah bisa mengonsumsi makanan keluarga.

Memaksa anak makan dapat menimbulkan trauma

Ketika usia Zahra 8 bulan, saya pernah memaksanya makan saat itu. Ternyata hal tersebut membuatnya trauma makan beberapa hari. Ia selalu menolak saat saya menyuapinya makanan. Rupanya memaksa anak bisa menimbulkan trauma makan pada anak. Mungkin parents akan merasa greget saat anak mogok makan, tapi bersabarlah, tunggu hingga nafsu makan anak kembali.

Solusi Agar Anak Tidak Menolak Makan

Setiap ibu pasti merasa bahagia saat melihat anak lahap memakan makanan yang kita siapkan. Tapi jika anak mulai GTM, parents tidak perlu bersedih apalagi panik, karena ada solusi yang bisa parents terapkan kepada anak yang nafsu makannya menurun drastis. Berikut solusinya;

Ciptakan suasana yang nyaman dan menyenangkan

Bukan hanya orang dewasa yang butuh kenyamanan loh, anak pun demikian. Sama halnya saat memberikan MPASI, parents perlu menciptakan suasana senyaman mungkin. Misalnya mengatur jam makan anak, kalau bisa berikan anak makanan bersamaan dengan keluarga. Perlu parents ketahui bahwa anak sangat suka meniru. Trik ini paling ampuh saya terapkan saat memberikan Zahra makan. Ia akan lahap makan jika bersama keluarga, tapi saat makan sendirian, ia hanya makan sedikit.

Hindarkan anak dari mainan atau gadget yang mengalihkan perhatian

Banyak orang tua yang membiarkan anak makan sambil menonton, faktanya hal tersebut bisa berakibat buruk. Anak mungkin makan makanan yang kita berikan, tapi dia hanya fokus menonton dan tidak mengenali tekstur makanan yang diberikan. Damlak negatifnya beberapa anak ada yang tidak tahu mengunyah karena langsung menelannya begitu saja.

Parents juga perlu menjauhkan anak dari mainan yang bisa mengalihkan perhatiannya saat memberikan MPASI.

Ciptakan variasi makanan yang berbeda

Saat anak saya pertama kali menolak makan, saya langsung curhat dengan salah seorang sahabat yang sudah berpengalaman. Sahabat saya menyarankan agar memberikan variasi makanan yang berbeda-beda kepada anak. Saya pun mengikuti anjuran sahabat saya itu. Namun, masalahnya saya tidak tahu banyak resep MPASI, maklum saya memang baru belajar memasak setelah nikah.

Memberikan varian makanan yang berbeda kepada anak akan mengenalkannya banyak rasa dan tekstur makanan. Anak juga tidak bosan memakan menu yang monoton.

Beruntung rasanya saat saya mengalami kendala tersebut, ada solusi mudah mendapatkan resep mpasi di Yummy App.

Tentang Yummy App

Cari resep terlengkap di Yummy App

Sekedar informasi nih buat teman-teman yang belum tahu tentang Yummy. Yummy berdiri pada tahun 2016 yang merupakan multi-platform food-focused media digital yang membahas mengenai resep, tutorial, dan tips memasak yang berada dibawah naungan IDN Media. Mengangkat tema #MasakituGampang, Yummy selalu menghadirkan format konten resep masakan mudah hanya dengan 5 langkah.

Setelah sukses dengan konten di sosial media pada Facebook “Yummy Indonesia” dan Instagram @yummy.idn, tahun 2019 ini, mereka mencoba lebih dekat dan membantu para audience dengan meluncurkan Yummy App. Karena, #MasakituGampang dan dengan Yummy App, kamu bisa bebas masak apa aja dengan mudah.

Saya pribadi sangat nyaman mengakses Yummy App saat mencari resep MPASI karena praktis dan banyak fitur Yummy yang sangat bermanfaat.

Cara Mengatasi Anak GTM dengan Yummy App

Bukan tanpa alasan saya menggunakan Yummy App untuk mengatasi anak mogok makan. Sejak pertama kali mencari resep, saya menemukan banyak rekomendasi resep mpasi yang menarik dan mudah dipraktikkan.

Memang, di tempat lain juga tersedia resep, bedanya Yummy App, ada beberapa fitur unggulan yang membuat saya sampai saat ini mengandalkan Yummy App dalam hal memasak, tidak hanya MPASI tapi juga resep menu lainnya.

Resep MPASI lengkap di Yummy App

Nah jika anak parents menolak makan, parents bisa menggunakan Yummy App untuk mendapatkan referensi resep MPASI yang mudah dipraktikkan.

Caranya cukup download aplikasi Yummy App, buat akun dan cari resep masakan sesuai kebutuhan misalnya resep MPASI. Selain itu, ada fitur Yummy App yang sangat menarik bahkan menjadi solusi gampang memasak.

Fitur Unggulan Yummy App

Bagi saya, Yummy App memiliki beberapa fitur yang paling diincar emak-emak sehingga memudahkan dalam memasak. Beberapa fitur yang menjadi unggulan saya selama menggunakan Yummy App sebagai berikut;

Fitur Memilih Bahan

Jujur nih waktu saya mau berkreasi varian MPASI ke anak, saya sangat bingung. Bingungnya itu saya tidak tahu harus mengolah menu MPASI apa sementara banyak bahan yang tersedia dalam kulkas. Untungnya kegalauan saya ini bisa teratasi dengan hadirnya Fitur Memilih Bahan di Yummy App.

Caranya buka Yummy App lalu klik “Masak”. Parents cukup mengklik bahan-bahan apa aja yang ada dalam kulkas, setelahnya akan muncul rekomendasi resep sesuai bahan yang ada.

Fitur Memilih Bahan adalah fitur terfavorit saya, karena menjadi solusi praktis saat saya bingung mau masak apa dengan bahan seadanya.

Filter Budget

Masak tidak harus mahal begitupun menu MPASI anak asalkan tetap bergizi. Nah yang paling saya sukai dari Yummy App karena terdapat Filter Budget. Melalui fitur ini saya bisa mencari resep masakan sesuai budget yang saya punya. Dan budgetnya ini mulai Rp. 10.000 ke atas loh.

Selain filter budget ada juga pilihan filter lain seperti jenis resep, tipe resep, durasi masak, seberapa banyak porsi, dan kategori.

Trending serta Event & Promosi

Apa sih masakan yang sedang trending hari ini?”. Biasanya kebanyakan ibu-ibu akan menanyakan hal ini. Uniknya nih Yummy App menyediakan informasi resep masakan yang sedang trend. Jadi, ibu-ibu akan update informasi seputar makanan yang lagi hypes.

Selain itu ada juga Event & Promosi, pada bagian ini, parents akan mendapatkan informasi terbaru dari Yummy App seputar event dan promosi yang pastinya seru dan menantang. Misalnya nih ada event #YummyMerdekaChallenge, pengguna Yummy berkesempatan melakukan recook resep masakan nusantara dan berkesempatan memenangkan hadiah.

Kolom Resep Ide Jualan

Selain beberapa fitur unggulan di atas, Yummy App juga memiliki keunggulan lainnya yaitu Kolom Resep Ide Jualan. Melalui kolom ini, parents bisa menemukan banyak sekali ide jualan. Apalagi sekarang lagi pandemi, banyak ibu-ibu yang beralih profesi membuka usaha kuliner dari rumah.

Saya pribadi awalnya mengakses Yummy App hanya untuk mencari ide resep MPASI, tapi makin lama saya semakin betah mengakses Yummy App karena Kolom Resep Ide Jualan ini saya gunakan juga untuk mendapatkan referensi resep yang mudah dan bisa menghasilkan cuan.

Penutup

Jika anak parents tiba-tiba tidak mau makan, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengecek kondisi anak, apabila tidak terdapat masalah serius, parents tidak perlu khawatir. Memang, ada masanya anak akan menolak makan, namun hal tersebut masih wajar sekaligus pertanda bahwa anak memberikan respon yang baik.

Kita sebagai orang tua hanya perlu menghadapi anak dengan penuh kesabaran. Ciptakan suasana yang nyaman dan berikan variasi makanan yang berbeda. Jika gagal, coba dan coba terus hingha nafsu makan anak kembali normal.

Yummy App adalah rekomendasi platform resep masakan terbaik yang bisa parents gunakan untuk memudahkan memasak. Bagi pengguna Android bisa download Yummy App melalui Play Store dan App Store bagi pengguna iOS.

Demkian review jujur Yummy App a la mom Ainhy. Semoga bermanfaat.